Sunday 25 March 2012

Peninggalan Situs Batu Gede Cengkuk

MENHIR  SITUS TUGU GEDE CENGKUK
INFOPALABUHANRATU -  Inilah salah satu peninggalan kebudayaan yang sangat bersejarah di Indonesia sekitar ratusan tahun yang lalu, Kehebatan peradaban waktu itu dibuktikan dengan adanya bukti-bukti sejarah yang menguak fakta tentang masa itu.

Di situs TUGU GEDE, cengkuk, sekitar 12 Km dari Sukawayana (kecamatan cikakak) kita bisa menemukan benda peninggalan sejarah yang diperkirakan ada pada Zaman Batu (perkiraan). Perjalanan menuju situs TUGU GEDE Cengkuk, bisa dilalui dengan kendaraan roda empat atau roda dua, kita bisa menikmati perjalanan dengan melihat hamparan samudera hindia tanpa batas di atas bukit.
pemandangan diperjalanan ke SITUS TUGU GEDE CENGKUK
 
Situs tersebut telah di akui oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi dan Provinsi Jawa Barat sebagai situ purbakala yang ada di wilayah Cengkuk Palabuhanratu, Peninggalan sejarah berupa Batu Tugu ( MENHIR ) yaitu tempat peribadatan pada waktu itu, kemudian Batu Dakon (Batu congklak ; sebutan Masyarakat Sekitar) yaitu batu tempat sesajen dan penghitungan masa panen raya, juga tempat pengobatan.

Batu Dakon
Selain itu terdapat juga Batu duduk dan Dolmen (Meja) yang menurut Informasinya, batu tersebut dahulu digunakan sebagai tempat bermusyawarah atau berkumpul.

Batu-batu yang terdapat disana terukur dan terukir dengan baik, sebagai bukti nyata dari hasil karya ukiran tangan manusia yang hidup pada masa itu.

Bisa disimpulkan bahwa, peradaban waktu itu ( di cengkuk ) memiliki sistem hidup dan teknologi tertinggi pada "Zamannya".

Batu Duduk
Diperlukan kecintaan kita terhadap peninggalan benda-benda bersejarah yang ada di sekitar kita, agar tidak punah dan masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita dimasa yang akan datang, begitupun dengan situs Batu Gede Cengkuk, seharusnya baik Pemerintah maupun masyarakat harus turut melestarikan, agar lingkungan disekitar Situs bisa terawat dengan baik.

Keindahan Wisata Sejarah di Situs Batu Gede Cengkuk hanya terhalang dengan beberapa "rumput" yang hidup tanpa ditanam, namun tidak mengurangi arti sejarah yang ada disana.

Jika menuju ke Situs Batu Gede Cengkuk, kita akan pulang dengan oleh-oleh khas dari Kasepuhan Cengkuk ( orang tradisi ) seperti Dodol, Gula Aren dan Beras Merah ( Beras Huma ).

Perjalanan Pulang dari Situs Batu Gede, Dapat Gula Kawung ( Aren )
Sekian cerita wisata dari Situs Batu Gede Cengkuk, Semoga kita bisa turut melestarikan sejarah yang ada disekitar kita. ( Team Info Palabuhanratu)

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More